Resume ke-7 (Katmie)

                                      

Bersama narasumber,

Nama                     : Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd

Tempat tgl lahir      : Jakarta, 30 Juni 1992

Pendidikan             : S1 PGSD

Pekerjaan               : Guru SD

Tempat tinggal       : Bekasi

Aktivitas lain          : ngeblog sejak 2009, Menulis buku,  puluhan artikel dimuat                                                   media cetak.

 

Beliau ngeblog di blogger.com.

Jadi sharing malam ini seputar ngeblog di blogger.com. dan sedikit kisah menerbitkan buku. Beliau tidak membahas tentang teknik menulis atau aturan menulis. 

Beliau masih terus belajar tentang cara menulis yang baik dan menarik.

Maka dari itu Pak Brian biasa dipanggil, bergabung dengan grup belajar menulis Om Jay ini.

Berawal dari peserta saja, Pak Brian kemudian tergerak untuk membantu bapak/ibu peserta lain yang kesulitan dalam membuat/menggunakan blog.

Kebetulan sudah hobi ngeblog sejak 2009, sehingga sedikit-sedikit bisa membantu bapak/ibu.

 Mengapa beliau mau membantu ? poin utamanya adalah ingin punya banyak teman-teman guru blogger. Pak Brian ingin bapak/ibu tidak merasa bahwa blog itu media yang sulit digunakan. Karena beliau khawatir jika kesulitan yang dialami tak kunjung mendapat solusi, bapak/ibu akan meninggalkan blog ujarnya.

 Sebelum bergabung dengan grup ini, selama ini Pak Brian merasa sendirian saja menjadi guru blogger. Beliau bersyukur dipertemukan grup ini sehingga dapat berjumpa dengan guru-guru blogger luar biasa di seluruh Indonesia. Harapannya grup ini nantinya tetap eksis.

Beliau menyimpulkan bahwa motivasi menjadi faktor penting untuk menjaga konsistensi ngeblog.

Disebutkan motivasi ada dua yaitu dari hasil ngeblog dan target ngeblog.

Sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap.

Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima.

Jadi perlu diluruskan, mari kita kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup ini yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku.

Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja.

Kurangnya Ide tulisan kerap menjadi penghambat aktivitas menulis kita.

Terkadang  kita sudah berada di depan laptop dan siap menulis, tapi masih bingung mau menulis apa. Menurut beliau, kita tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk bisa menulis. Prinsip Pak Brian adalah, hal biasa yang kita lakukan/alami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain. Maka hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman/aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Apalagi kita guru, tentu punya banyak cerita.

Hal terbaru dari blogspot adalah blogger.com perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru. Saat ini, jika baru membuat blog, maka secara otomatis kita disajikan penampilan baru blogger.com. Namun ini masih tahap uji coba. Kita masih dapat mengembalikan ke  tampilan lama blogger. 

Suatu saat nanti pasti tampilan baru akan menjadi permanen. Maka sebaiknya bapak/ibu sedikit demi sedikit mulai membiasakan diri dengan tampilan baru blogger.com. Blogger.com memang kerap mengubah tampilan. Sudah tak terhitung berapa kali berubah tampilan sejak  ngeblog pada 2009.

Saat ini Pak Brian memiliki dua buku solo. Kedua, buku aksi literasi guru masa kini baru terbit bulan lalu. Buku kedua ini berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog praszetyawan.com dan blog gurusiana.

Dalam waktu dekat buku solo ketiga Pak Brian akan terbit. Berjudul “Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari” berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah, dan opini pendidikan. Tulisan-tulisan itu dibuat ketika mengikuti program tantangan menulis setiap hari yang diadakan gurusiana.

Selain 3 buku solo, saya juga membuat 1 buku antologi cerita mini bersama siswa sekelas dengan tema hobi.

Semua buku itu masih diterbitkan di penerbit indie. Maka dari itu beliau masih belajar menulis agar suatu saat memiliki buku yang terbit di penerbit mayor.

Dari materi malam ini, saya mengambil kesimpulan bahwa, jika kita sudah menekuni blogg, maka jangan lupa dengan “target” yang akan dicapai. Karena target itu yang akan memicu dan mendorong kita untuk tak pernah berhenti berkarya dalam tulisan.

Melakukan sesuatu memang harus ada tujuan atau target.

 

Salam Motivasi

Palangka Raya, 16 Juni 2020

Katmie,S.Pd.,M.Pd


Komentar

Posting Komentar

Palus Wei (silakan koment)

Postingan populer dari blog ini

GOHONG RAWAI JAKATAN RAYA (TUMBANG JUTUH)

PELURU SEMANGAT DARI BU TERE

AMUNISI MOTIVASI DARI PAK DEDI