AMUNISI MOTIVASI DARI PAK DEDI

Resume Menulis Gelombang 12


Narasumber: Dedi Dwitagama

Guru Matematika di SMKN 50 Jakarta

 

Pak Dedi pertama kali ngeblog tahun 2005 kemudian hijrah ke wordpress tahun 2007.

selama lebih dari 13 tahun ngeblog Pak Dedi telah menulis lebih dari 4.100 artikel dan dilihat hampir 2 juta kali dengan pengunjung hampir 600.000.

Kemudian Pak Dedi juga ngeblog di kompasiana. Pak Dedi juga gemar foto humanistik.

Buat Pak Dedi manfaat blog yang utama adalah mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja yang bisa disampaikan secara lisan, yang tak bisa disampaikan pada siapapun layaknya keranjang yang dititip di dunia maya.

Namun sejak ada instagram, blog foto Pak Dedi jadi jarang terjamah.

Pak dedi menulis kapan saja saat ide muncul, menulis menggunakan HP. Menurut Pak Dedi tak perlu di edit, langsung tayangkan saja

Prestasi Pak Dedi sangat banyak. Menurut beliau, usahakan makin sering menulis, karena pengalaman menulis kita secara otomatis akan meningkatkan mutu tulisan, serta seringlah berkunjung ke blog teman untuk membandingkan dengan tulisan kita, sekaligus mencari ide.

Kemudian Pak Dedi berbagi tips dalam membagi waktu agar konsisten menulis. Serius tapi santai, itu tipsnya, dan supaya bisa fokus, tetapkan tujuan kegiatan kita. Teruslah berjalan menuju tujuan yg diinginan, jika lelah istirahat, jika sedang fit boleh berlari, pasti akan mencapai tujuan.                                                                                                         Jadi, tulislah apa yang mau ditulis. Biarkan pembaca yang menilainya.

Pak Dedi pernah menerbitkan buku cetak Matematika SMK, penerbit galaksi, PTK bersama Om Jay, Buku Narkoba, dan tulisan-tulisan  lepas di majalah PGRI.

Semua kegiatan bisa didokumentasi, karena bagi beberapa orang mungkin hal biasa, tapi bagi orang lain bisa jadi luar biasa, demikian kata Pak Dedi. Beliau juga berbagi bagaimana cara mengupload foto ke wordpress di link yang di share.                                                   Untuk panjang tulisan di blogg bisa cuma 1 alinea ditambah foto, bisa juga sampai 3 alinea.

 

Kesimpulan dari Pak dedi yaitu manusia yg baik adalah manusia yg bermanfaat buat orang lain.

Pengalaman Pak Dedi hari ini menambah amunisi motivasi saya. Saya membuat kesimpulan bahwa untuk konsisten menulis adalah, atur waktu sebaik-baiknya. Lalu saat ide muncul, langsung ditulis. Tetap santai tapi serius dan fokus pada target atau tujuan.                                                                                                                                 Saya akan mencoba mengikuti tips yang sudah diberikan.

Siapa tahu suatu saat bisa mendapatkan seperti data milik Pak Dedi (tabel di atas).

 

Salam Motivasi

Palangka Raya, 24 Juni 2020

Katmie


Komentar

  1. keren pak .....
    berbagi waktu agar konsisten
    serius tapi santai,fokus pada tujuan
    teruslah berjalan, jika lelah istirahatlah
    jika sudah fit, boleh brelari mencapai tujuan
    salam literasi

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak kunjungannya,, salam motivasi

    BalasHapus

Posting Komentar

Palus Wei (silakan koment)

Postingan populer dari blog ini

GOHONG RAWAI JAKATAN RAYA (TUMBANG JUTUH)

PELURU SEMANGAT DARI BU TERE