SEMANGAT MEMBARA MENOREH KARYA

          Sejak munculnya kemajuan ilmu dan teknologi serta pesatnya kecanggihan dunia digital, semakin banyak orang-orang yang ahli dalam pemanfaatan teknik dan informatika, baik itu dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan bahkan sampai dunia bisnis. Masyarakat berlomba-lomba untuk mengikuti perkembangan zaman yang melaju kencang.
          Terlebih lagi dunia pendidikan, guru dipacu agar jangan sampai ketinggalan kereta. Karena, sekarang ini siswa sudah pandai menggunakan alat digital. Jadi, guru diharapkan untuk senantiasa berbenah, meningkatkan kompetensi diri dan meningkatkan ketrampilan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. 
          Hal ini seiring dengan pembelajaran abad 21 yang mengintegrasikan kemampuan literasi, pengetahuan, ketrampilan dan sikap serta penguasaan teknologi. Salah satu yang dapat dilakukan oleh guru sebagai langkah awal adalah menuangkan ide atau pemikiran dalam karya tulisan. Karena dengan menulis, pastinya sekalian membaca, yang artinya guru sudah memulai langkah awal yaitu mampu melakukan literasi.
          Awalnya memang ada beberapa kendala, yaitu dalam hal penggunaan bahasa yang benar sesuai dengan ketentuan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Terutama jika menulis genre non fiksi (karya ilmiah/ artikel/ esai/ opini). Tetapi jika sudah terbiasa, maka setiap hari pasti selalu ada ide yang muncul yang harus ditulis.
          Mengobarkan semangat menulis memang dimulai dari diri sendiri. Tanamkan motivasi dalam denyut nadi, bahwa jantung akan berdetak cepat jika belum menuangkan ide ke dalam tulisan.
Manfaatkan waktu luang untuk menulis, setidaknya satu paragraf. Masalah isinya itu urusan nanti, karena ada saatnya untuk diedit.
          Ide bisa muncul kapan saja dan  di mana saja. Ketika mendapat mimpi pun bisa menjadi ide sebuah tulisan. Apalagi jika bisa tiap malam mimpi menulis. Jangan biarkan ide itu hilang tersapu angin tidak tahu arahnya ke mana. Semua yang dilihat, dirasa, dihayal, bisa menjadi sebuah maha karya tulisan.
          Mari terus semangat untuk berkarya dalam tulisan. Setiap hari pasti selalu ada bahan yang bisa dituangkan. Dengan menulis dan membaca kita akan tahu isi dunia, walau tidak berangkat keliling dunia. Dengan menulis berarti ikut menyebarkan kebaikan kepada semua orang.
Bahkan mungkin suatu saat bisa keliling dunia karena hasil tulisan.

Salam Semangat
Katmie

#Menulis bersama PGRI
#DisiplinJujurTulusIkhlasSabar
         


Komentar

  1. Alhamdulillah,luar biasa, selamat ibu

    BalasHapus
  2. Kerenn Ibu nih. Berkarya tanpa hentinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar fokus pada potensi diri, tidak sibuk ngurus hidup orang lain, wkwkwkwkkkk

      Hapus

Posting Komentar

Palus Wei (silakan koment)

Postingan populer dari blog ini

GOHONG RAWAI JAKATAN RAYA (TUMBANG JUTUH)

PELURU SEMANGAT DARI BU TERE

AMUNISI MOTIVASI DARI PAK DEDI